Berikut ini share perjalanan saya ke China barang kali bermanfaat untuk teman-teman. Banyak sich saya liat beberapa teman pada pengen ikut seminar importir ke china.  Nah bagi yang gak mau ikut dan gaa ada modal untuk ikut seminar dan workshop nya saya kasih infonya ya

1. Jika ikut seminar importir itu yang bayarnya 75rb-150rb itu materinya cuma dikasih rasa penasaran tentang peluang import barang china dan ujung-ujungnya nanti di suruh ikut workshopnya yg harganya 4-8jt.  Itupun gak berangkat ke china.  Klo mau berangkat biayanya sekitar 16jt.  Ini saya dapatkan info dari teman yang sudah ikut.

2. Karena kebetulan saya sudah berangkat dan melakukannya duluan baru liat seminar yang begituan jadi saya sudah sedikit tau lokasi dan cara belanjanya.

3. Jika teman-teman mau bisnis import barang china lokasi utama yang wajib dikunjungi adalah kota Yiwu.  Berhubung saya tinggal di Batam jadi sangat mudah dan murah untuk berangkat ke sana.  Untuk menuju ke yiwu bisa melalui Changi via Scoot. Biasanya Scoot langsung direct ke Hangzhou.  Atau via air asia tapi biasanya transit di KLIA2. Setibanya di Hangzhou jalanlah ke luar bandara menuju lokasi parkirannya.  Ingat ya jangan terima tawaran calo-calo yang menawarkan jasa tujuan ke yiwu dan kota lainnya karena harga nya 2x lipat.  Jadi jalanlah keluar dan disna ada banyak bus yang menuju ke yiwu dan harganya cuma 100 yuan.  Perjalanan Hangzhou menuju ke Yiwu cuma butuh kurang lebih 2jam.

4. Kalo sudah nyampek yiwu cari aja hotel disekitar tempat lokasi tujuan. Dan umumnya hotel disana murah banget. 300rb per malam sudah dapat yang bagus dan bersih.  Lokasi pusat grosirnya bernama Futian Market.  Teman-teman boleh googling tentang futian market.  Disana pusat grosir terbesar di dunia.  Seluruh orang dari berbagai dunia datang kesana

5. Futian market terdiri dari 6 distrik.  Dimana setiap distrik memiliki divisi masing-masing. Seperti contoh distrik 1 lantai 1 itu isinya smua mainan. Semua jenis mainan ada disana.  Dan hrga disana akan membuat kalian melongo karena murah banget.  Dan disini kita boleh beli satuan. Di tiap hotel biasanya ada dikasih peta dari futian market jadi kalian bisa explore tempat tersebut dan mencari barang apa saja karena smua lengkap.  Apapun yang kalian cari dari A sampe Z ada disana.

6. Soal makanan jangan khawatir untuk cari makanan halal gampang dan makanan disana murah-murah dan enak-enak.

7. Di yiwu juga ada pasar malam.  Jadi buat kalian yang pengen cari oleh-oleh barang yang unik dan murah bisa maen ke pasar malamnya.  Karena cuma 1 pasar malam disana jadi tinggal naik taxi dan bilang saja night market maka smua akan tahu.

8. Transportasi di china sudah lengkap banget dan klo mau lanjut explore ke kota lainya bisa naik kereta apinya.

Mungkin ini dulu yang bisa saya share.  Jika ada yang kurang detail dan kurang jelas bisa komen ya.

Membongkar Seminar Importir
Lebih baik langsung praktek dengan melihat tilisan pengalaman ini


#chinayiwu
#infoimportirdichina
#tempatgrosirdichina
#pusatbelanjamurahchina